Motor Matic Pertama

Seperti yang Galery Matic kutip dari berbagai catatan sejarah, Vespa Corsa mengawali debutnya di pentas global pada penghujung 1984. Kemudian, di tahun 1991, skuter matik berbaju besi itu dibawa masuk ke Tanah Air oleh agen pemegang merk bernama PT Dan Motor Vespa Indonesia atau DMVI, yang mendapat lisensi utuh dari pabrikan Piaggio di Italia.


                            sumber foto 100kpj.com

Saatpertama kali diluncurkan, Vespa Corsa sebenarnya ditujukan untuk konsumen wanita. Hal itu terlihat melalui dimensinya yang mungil, dengan menggunakan platform small frame seperti Vespa PTS 90 dan 100. Selain itu, transmisinya yang otomatis juga memudahkan kaum Hawa menggunakannya.


Berbeda dengan skutik yang beredar saat ini, Vespa Corsa memiliki sistem transmisi netral. Sehingga, sebelum menarik tuas gas, pastikan pengaturannya diubah terlebih dahulu.

                            sumber foto 100kpj.com

Salah satu hal yang menarik di motor adalah tidak adanya pedal rem belakang yang umumnya ada di dek kanan bawah. Pedal itu dipindah ke stang kiri, menggantikan tuas kopling sebagaimana yang terdapat pada Vespa manual.

Skuter matik pertama di Indonesia itu juga dibekali lampu depan yang membulat sempurna, dengan spakbor depan berukuran besar, dan permukaan jok yang dirancang sejajar.

                             sumber foto 100kpj.com

Soal jantung teknis, Vespa Corsa memiliki mesin dua-tak berkapasitas 121 cc yang memiliki output maksimal 7 Tk pada putaran mesin 5.600 rpm. Pembekalan tersebut membuat motor bisa melaju hingga kecepatan 90 kilometer per jam.

                            sumber foto 100kpj.com

Meski lawas, namun pelopor skutik di Indonesia itu masih bisa ditemukan di berbagai komunitas Vespa di Tanah Air. Bahkan, di lapak jual beli daring, Corsa juga masih bisa dijumpai, meski tak banyak yang menjualnya.


Ada yang hobi?? Ayoo segera cari matic langka ini sebelum makin susah dan harga melambung tinggi karna kolektor

Komentar